FASILITAS DI TPA TLEKUNG AKAN DITAMBAH
Jumat, 2019-02-08
19:56:25

Kota Batu - Pada tahun 2018 lalu pemerintah Kota Batu tidak berhasil meraih Piala Adipura, dan hanya menerima sertifikat saja. Salah satu penyebab ketidakberhasilan itu karena fasilitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Desa Tlekung Kecamatan Junrejo yang masih kurang memadai.

Kementerian Lingkungan Hidup menilai banyaknya kekurangan dalam hal pengelolaan limbah sampah di TPA Tlekung, membuat nilai yang diperoleh Kota Batu kurang maksimal. Sebab itulah pada tahun ini Pemkot Batu akan berusaha melengkapi TPA Tlekung dengan fasilitas yang dibutuhkan.

Fasilitas itu meliputi pembangunan tempat pencucian truk sampah dan pembelian jembatan timbang senilai 300 juta, dan pembelian mesin insenerator seharga 5 miliar. Fasilitas itulah yang akan melengkapi TPA Tlekung, agar tahun depan Kota Batu bisa meraih Piala Adipura.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq, ketiga fasilitas itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tempat pencucian truk sampah disediakan agar truk yang sudah digunakan mengangkut sampat bisa bersih ketika meninggalkan lokasi TPA. 

Sedangkan jembatan timbang berfungsi untuk menimbang sampah yang masuk setiap harinya di TPA. Sementara mesin insenarator untuk mengolah sampah residu atau sampah yang sudah tidak bisa didaur ulang lagi.

Arief berharap setelah mengevaluasi semua kekurangan yang menjadi penilaian tim penilai, tahun ini, Kota Batu bisa meraih Piala Adipura. Seperti yang pernah diraih Kota Batu pada 1994 silam, saat Kota Batu masih berbentuk kecamatan di bawah Pemerintah Kabupaten Malang.

 

Sumber : Hasan Syamsuri / atv / Kota Batu


Suara rakyat

Didik K
2016-06-02

Mohon perhatian terkait dengan PKL yang berada disekitaran alun-alun yang sekarang semakin banyak sehingga sangat mengganggu keasrian alun-alun Kota Batu, apalagi menjelang malam minggu suasana bertambah ruwet karena di trotoar sekitar alun-alun dipenuhi oleh PKL, sehingga mengganggu kenyamanan wisatawan yang akan menikmati alun-alun. Untuk itu mohon perhatian Satpol PP untuk segera menertibkan PKL tersebut. Untuk hal tersebut perlu kiranya ada petugas yg stand by di alun-alun, agar para PKL tidak kembali lagi. Terima kasih mohon perhatiannya
Didik K
2016-06-02

Mohon perhatian untuk parkir sepeda motor di sekitaran alun-alun kota batu yang semakin hari semakin semrawut kontras sekali dengan kondisi alun-alun yang begitu bagus, terutama parkir sepeda motor yang disebelah barat dan selatan alun-alun, petugas parkir seenaknya memakai badan jalan hampir separuh jalan sehingga mengganggu kelancaran pengguna jalan. Untuk itu mohon perhatian dari Dinas Perhubungan agar dapat ditata sehingga tidak mengganggu kelancaran kendaraan yang lewat.
herry
2016-05-11

Merasa tak Diperhatikan, Warga Gunung Kawi Pilih Gabung ke Kota Batu http://suarapubliknews.net/peristiwa-6/item/4996-merasa-tak-diperhatikan-warga-gunung-kawi-pilih-gabung-ke-kota-batu

Keterbukaan Informasi / Transparansi Anggaran

Video Highlight

Info Lelang

Nama PaketHPSTahap