Menuju Kota Batu Open Defecation Free, Pemkot Batu Bentuk Kelompok Swadaya Masyarakat Desa
Selasa, 2018-10-09
15:29:10

Dalam rangka meningkatkan sanitasi (jamban) menuju Kota Batu Open Defecation Free (ODF) , yakni kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kesehatan Kota Batu menggelar sosialisasi pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pada selasa (9/10/18) bertempat di Ruang Rapat SKPD Gd. B lt. III Balaikota Amongtani.

Pembentukan KSM merupakan sebuah upaya untuk melakukan sosialisasi dan pembinaan di masing-masing desa terkait sanitasi. Saat ini, masih ada 1500 KK (3%) di Kota Batu yang masih belum memiliki akses jamban yang sehat. Melalui KSM yang akan dibentuk disetiap desa ini nantinya akan dilakukan pembinaan secara berkelanjutan terkait pembangunan dan penggunaan sarana sanitasi disetiap Desa.

Drg. Kartika, Kepala Dinkes Kota Batu menyampaikan pentingnya sanitasi sehat, terutama untuk kesehatan dan lingkungan. Terutama Kota Batu sebagai salah satu destinasi wisata, kesehatan sanitasi juga menjadi perhatin yang penting. Keterlibatan KSM di Desa ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan dan membangun semangat masyarakat bahwa kesehatan sanitasi merupakan suatu kebutuhan.

Acara ini dihadiri oleh Drg. Kartika Trisulandari selaku Kepala Dinkes Kota Batu, Eddy Basuki, S.KM, M.Si selaku Kasi Kesling Kesjaor Dinkes Prov. Jatim, Koen Irianto Uripan,SH. MM selaku Ketua APPSANI Jatim dan diikuti oleh Perangkat Desa/Kelurahan, Forkom Kecamatan, TP PK, Pokja, Forum Kota Batu Sehat dan Sanitarian se-Kota Batu.

 

Sumber : Tim MEDSOS / Dinas KOMINFO / Kota Batu


Suara rakyat

Didik K
2016-06-02

Mohon perhatian terkait dengan PKL yang berada disekitaran alun-alun yang sekarang semakin banyak sehingga sangat mengganggu keasrian alun-alun Kota Batu, apalagi menjelang malam minggu suasana bertambah ruwet karena di trotoar sekitar alun-alun dipenuhi oleh PKL, sehingga mengganggu kenyamanan wisatawan yang akan menikmati alun-alun. Untuk itu mohon perhatian Satpol PP untuk segera menertibkan PKL tersebut. Untuk hal tersebut perlu kiranya ada petugas yg stand by di alun-alun, agar para PKL tidak kembali lagi. Terima kasih mohon perhatiannya
Didik K
2016-06-02

Mohon perhatian untuk parkir sepeda motor di sekitaran alun-alun kota batu yang semakin hari semakin semrawut kontras sekali dengan kondisi alun-alun yang begitu bagus, terutama parkir sepeda motor yang disebelah barat dan selatan alun-alun, petugas parkir seenaknya memakai badan jalan hampir separuh jalan sehingga mengganggu kelancaran pengguna jalan. Untuk itu mohon perhatian dari Dinas Perhubungan agar dapat ditata sehingga tidak mengganggu kelancaran kendaraan yang lewat.
herry
2016-05-11

Merasa tak Diperhatikan, Warga Gunung Kawi Pilih Gabung ke Kota Batu http://suarapubliknews.net/peristiwa-6/item/4996-merasa-tak-diperhatikan-warga-gunung-kawi-pilih-gabung-ke-kota-batu

Keterbukaan Informasi / Transparansi Anggaran

Video Highlight

Info Lelang

Nama PaketHPSTahap