PEMKOT MOU DENGAN BPPT TINGKATKAN PRODUKSI KENTANG
Rabu, 2018-01-24
10:59:14
PEMKOT MOU DENGAN BPPT TINGKATKAN PRODUKSI KENTANG

Batu,
Meski Kualitas Kentang Desa Sumberbrantas Kota Batu sudah diakui secara Nasional, Pemerintah Kota Batu terus berusaha meningkatkan kualitas Produk Pertanian  Kota Batu. Pemkot Batu bekerjasama dengan BPPT untuk menanam Kentang dengan menggunakan Teknologi Ex Vitro karena memiliki keuntungan yang melimpah bagi Petani.

Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian terus melakukan langkah Inovatif untuk mengembangkan Kualitas Produk Pertanian Kota Batu, terbaru PEMKOT Batu melakuka MOU Teknologi Ex Vitro yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau (BPPT) dan sudah mulai diuji tanam sejak 2016 di Desa Sumbebrantas Kota Batu.

Dari Hasil Uji Tanam banyak keuntungan yang dihasilkan dengan Tehnik Ex Vitro ini, selain masa produksi lebih singkat juga hasil panen lebih melimpah.

Kepala BPPT menjelaskan  saat ini tantangan Budidaya Kentang tidak ringan di antaranya ketersediaan benih kentang berkualitas yang masih terbatas. oleh karena itu, dari Teknologi Ex Vitro, banyak hasil positif yang bisa didapat oleh Petani.

Bahwa metode ini memperbanyak dari segi benih. sehingga mendukung ketersediaan benih kentang dalam jangka waktu yang lama dari segi masa penanaman juga lebih cepat satu bulan. Teknologi perbanyakan benih tanaman secara Ex Vitro merupakan proses perbanyakan tanaman secara Vegetative.

Dengan menggunakan bagian Tanaman (Eksplan) yang mempunyai fase pertumbuhan cepat diikuti dengan pemberian stimulasi pertumbuhan, proses perbanyakan dengan pemotongan yang dilakukan dalam kondisi Aseptis di luar Laboratorium.

Teknologi ini hampir mirip dengan mesin fotokopi yang menghasilkan benih sama dengan induknya,  rencananya Ex Vitro ini akan diterapkan untuk komoditi lain, seperti Apel dan Jeruk. karena kedua jenis buah tersebut merupakan Komoditi Unggulan Kota Batu yang harus dipertahankan.

Sejauh ini Petani Kentang harus berusaha ekstra melawan cuaca agar tidak sampai terjadi jatuh harga seperti menanam jauh hari sebelum musim hujan tiba, sehingga saat musim hujan bisa panen dan ini sangat membantu. Teknologi ini solusi yang tepat sehingga petani tidak sampai gagal panen atau mengalami jatuh harga.
    
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan sangat berterima kasih dengan teknologi ini sehingga bisa membantu mencarikan Solusi bagi Petani Kentang di Kota Batu.





 Sumber : Ary Punka Aji / Agropolitan News /  atv  / Kota Batu


Suara rakyat

Didik K
2016-06-02

Mohon perhatian terkait dengan PKL yang berada disekitaran alun-alun yang sekarang semakin banyak sehingga sangat mengganggu keasrian alun-alun Kota Batu, apalagi menjelang malam minggu suasana bertambah ruwet karena di trotoar sekitar alun-alun dipenuhi oleh PKL, sehingga mengganggu kenyamanan wisatawan yang akan menikmati alun-alun. Untuk itu mohon perhatian Satpol PP untuk segera menertibkan PKL tersebut. Untuk hal tersebut perlu kiranya ada petugas yg stand by di alun-alun, agar para PKL tidak kembali lagi. Terima kasih mohon perhatiannya
Didik K
2016-06-02

Mohon perhatian untuk parkir sepeda motor di sekitaran alun-alun kota batu yang semakin hari semakin semrawut kontras sekali dengan kondisi alun-alun yang begitu bagus, terutama parkir sepeda motor yang disebelah barat dan selatan alun-alun, petugas parkir seenaknya memakai badan jalan hampir separuh jalan sehingga mengganggu kelancaran pengguna jalan. Untuk itu mohon perhatian dari Dinas Perhubungan agar dapat ditata sehingga tidak mengganggu kelancaran kendaraan yang lewat.
herry
2016-05-11

Merasa tak Diperhatikan, Warga Gunung Kawi Pilih Gabung ke Kota Batu http://suarapubliknews.net/peristiwa-6/item/4996-merasa-tak-diperhatikan-warga-gunung-kawi-pilih-gabung-ke-kota-batu

Keterbukaan Informasi / Transparansi Anggaran

Video Highlight

Info Lelang

Nama PaketHPSTahap